Hal Buruk Yang Dialami Tubuhmu ketika Menahan Tangisan

Anda sering menahan tangis? Walaupun terasa sangat sepele, namun hal ini jangan terlalu sering dilakukan ya! Banyak bahaya yang ditimbulkan akibat kamu menahan nangis.

Saat kita menahan tangisan, tubuh akan menginformasikan ke otak bahwa ini adalah pertanda stres. Lalu tubuh mengeluarkan hormon stres bernama kortisol. Hormon-hormon ini meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah, yang membuat dada sesak dan napas berat, ketika Anda memaksakan diri untuk tidak menangis.

Makanya, saat menahan tangisan, kita justru akan merasa beban pikiran kita semakin berat. Berbeda dibanding dengan memgeluarkannya, Kita akan merasa lega dan beban pikiran menjadi berkurang.

Banyak alasan orang yang menahan Tangis. mungkin kamu malu terlihat sedang sedih di depan orang lain atau saking lelahnya air matamu gak keluar.

Dan mungkin karena orang sekitarmu, seperti orang tua. Mungkin sejak kecil orang tua selalu mengajarkan atau melarangmu untuk menangis tanpa peduli apa yang sedang kamu rasakan. Hal ini lah yang berdampak hingga kamu dewasa dan merasakan efek nya.

Menekan emosi seperti rasa frustrasi atau kesedihan, benar-benar bisa membuat Anda merasa lebih buruk.


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama