8 Sayuran Ini Baik Untuk Kesehatan Mata



Menjaga mata agar senantiasa tetap sehat adalah hal yang sangat penting dilakukan karena indera penglihatan ini punya peranan vital bagi manusia menjalani kehidupan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata. bisa dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi, Contohnya Sayuran.

Mata merupakan organ kompleks yang membutuhkan beragam asupan nutrisi dan vitamin agar dapat berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya. Untuk mencegah penyakit mata dan gangguan penglihatan, mata memerlukan asupan nutrisi seimbang dari sayur untuk menghambat perkembangan penyakit dan gangguan pada mata.

8 Sayuran yang Baik untuk Kesehatan Mata

Dilansir dari beberapa sumber yang telah ada, berikut adalah 8 rekomendasi sayuran yang baik untuk kesehatan mata:

1. Wortel


bukan menjadi rahasia lagi jika wortel sangat baik untuk kesehatan mata. Sayuran berwarna oranye ini mengandung tinggi vitamin A dalam bentuk beta karoten (karotenoid) yang berperan menjaga penglihatan agar tetap tajam.

Tidak hanya baik bagi mata, kandungan antioksidan pada wortel bisa melepas radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

2. Bayam
Bayam biasanya dikatakan sebagai makanan yang mampu memberi energy karena mengandung serat tinggi. Akan tetapi, sayuran berwarna hijau ini juga memiliki manfaat untuk kesehatan mata.

Bayam mengandung lutein dan zeaxanthin tinggi seperti pada mata. Kedua senyawa tersebut bertanggung jawab melindungi mata dari kerusakan akibat sinar ultraviolet (UV).

Dengan membiasakan diri mengonsumsi makanan tinggi lutein dan zeaxanthin, risiko terkena penyakit penyakit mata kronis seperti katarak bisa dicegah.

3. Kale
Sama seperti bayam, daun kale juga termasuk sayuran yang baik untuk kesehatan mata karena juga mengandung lutein, zeaxanthin, serta vitamin A dalam bentuk beta karoten. Nutrisi yang dimiliki daun kale ini sangat berkhasiat mencegah penyakit mata terkait usia yakni katarak dan degenerasi makula, seperti dikutip dari Healthline.

4. Sawi Hijau


Kandungan vitamin A dalam sawi hijau dinilai lebih tinggi dibanding bayam loh. Bahkan, sawi hijau juga mengandung vitamin C yang tinggi daripada jeruk atau sejenis buah sitrus lainnya, merujuk WebMd.

Dua karotenoid pada sawi hijau yakni lutein dan zeaxanthin, sudah disebutkan seperti sebelumnya yang sama-sama baik untuk mencegah gangguan penglihatan.

Sawi memang memiliki banyak varietas. Salah satunya adalah sawi hijau yang lebih banyak ditemui dan baik untuk konsumsi sehari-hari.

5. Brokoli
Antioksidan yang terkandung dalam brokoli menjadi sumber utama dalam mencegah kebutaan.

Hal ini berdasarkan hasil studi dari peneliti Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins yang menemukan senyawa sulforaphane, sebagai antioksidan alami dalam brokoli.

Sulforaphane juga mampu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar matahari atau ultraviolet. Sebab, sinar UV ini rentan merusak sel-sel di retina mata sangat sensitif.

6. Kangkung


Sayuran hijau yang sangat enak dimasak menjadi tumis ini ternyata memiliki manfaat baik bagi mata, lho. Di dalam kangkung terkandung lutein dan zeaxanthin yang akan melindungi mata dari sinar ultraviolet.

7. Kubis


Kubis termasuk sayuran yang juga punya manfaat baik bagi mata. Sayuran ini mengandung vitamin C yang akan melindungi mata, membuatnya lebih sehat, serta jernih.

6. Lobak.



dalam lobak terdapat antioksidan alami yang akan mencegah penyakit mata seperti buram dan kebutaan. Hampir sama dengan sayuran lainnya, lobak juga mengandung lutein dan zeaxanthin.


Dengan mengonsumsi sayuran yang baik untuk kesehatan mata secara rutin, kecil kemungkinan risiko mata rabun jauh atau minus terjadi.

Selain menjaga asupan makanan tinggi Vitamin A, kebiasaan seperti menatap layar gadget, tv, elektronik yang terlalu lama perlu dikurangi supaya kesehatan mata lebih optimal.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama