4 Negara yang ada Pelajaran Bahasa Indonesia

4 Negara yang ada Pelajaran Bahasa Indonesia
Pena Gelap - 4 Negara yang ada Pelajaran Bahasa Indonesia. Sesuai judul, pembahasan saya kali ini seputar bahasa Indonesia. Kita tahu mulai saat memasuki tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi kita telah mempelajari pelajaran bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran yang ada pada setiap sekolah.

Namun, tahukah kalian jika selain di Indonesia, ada negara lain yang tenyata juga mempelajari bahasa Indonesia? Mau tahu negara apa saja yang menjadikan bahasa Indonesia sebagai salah satu mata pelajaran di negaranya? Mari, simak beberapa negara berikut.

5 Negara yang ada Pelajaran Bahasa Indonesia


1. Australia 

Negara Australia merupakan negara yang gencar dalam mempelajari bahasa Indonesia. Hal ini diperlihatkan dengan semangat warga negaranya, khususnya dari kalangan akademisi yang sudah banyak bisa berbahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena pemerintah Australia membuka lebar peran bahasa Indonesia dan menjadikannya mata pelajaran yang dipelajari di jenjang sekolah dasar. Tercatat ada 500-an sekolah yang mengajarkan mata pelajaran Bahasa Indonesia, selain itu juga beberapa universitas membuka program studi bahasa dan sastra Indonesia yang jumlah peminatnya sungguh di luar dugaan. Oleh karena itu, bahasa Indonesia menduduki sebagai bahasa terpopuler ke empat di sana. 

2. Mesir

Mesir merupakan sebuah negara yang berada di kawasan benua Afrika. Tidak kalah dengan negara Australia, Negara Pyramid itu juga telah berhasil membangun pusat studi Indonesia yang dijadikan sebagai awalan dalam mendalami segala sesuatu mengenai Indonesia termasuk aspek politik, idiologi, pertahanan, keamanan, ekonomi, budaya, serta bahasanya. Pusat studi Indonesia di Mesir ini terdapat pada Canal University di Suez. Oleh sebab itu, pembangunan pusat studi tersebut jelas menambah kebanganggaan kita sebagai warga negara Indonesia.

3. Jepang

Negara berikutnya, yaitu Jepang. Di negara Matahari Terbit ini dikenal Perhimpunan Pengkaji Bahasa Indonesia atau Nihon-Indonesia Gakkai yang didirikan pada tahun 1969. Anggota organisasi ini terdiri dari akademisi Jepang yang mengajar bahasa dan  berbagai aspek tentang Indonesia di pelbagai Universitas Jepang. Perguruan tinggi yang membuka jurusan bahasa Indonesia, antara lain Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan. 

Hingga kini, tercatat 12.500 peserta yang telah mengikuti tes kemampuan berbahasa Indonesia dalam berbagai tingkatan. Sejarah pengajaran bahasa Indonesia di sana tidak lepas dari sejarah berdirinya Tokyo University of Foreign Studies (Tokyo Gaikugo Daigasu). Universitas ini mulai mengajarkan bahasa Indonesia sebagai bahasa asing kedua setelah bahasa Inggris pada tahun 1922. Disusul 3 tahun berikutnya Universitas Tenri pada tahun 1925. 

4. Vietnam 

Bentuk penghargaan Vietnam terhadap bangsa Indonesia memang bersifat politis dan hutang budi di masa lalu. Vietnam menempatkan bahasa Indonesia sejajar dengan bahasa Inggris, Jepang, dan Prancis yang diprioritaskan oleh pemerintah Vietnam. Tak hanya itu melalui pemerintahan Ho Chi Minh City yang memberlakukan dan menerapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi yang diprioritaskan. Bahkan, sejak akhir 2007, pemerintah daerah Ho Chi Minh City menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kedua setelah bahasa Vietnam, menempatkan Vietnam sebagai negara kedua setelah Indonesia yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi. 

Selain empat negara yang telah saya sebutkan di atas masih ada negara-negara lainnya yang juga mempelajari bahasa Indonesia--tidak dapat saya sampaikan satu persatu. Karena bahasa Indonesia telah dipelajari di lebih dari 45 negara di dunia.

Nah, bagaimana menurut kalian? Bangga, senang, atau terharu? Jika di luar negeri saja memperlakukan bahasa Indonesia sedemikiannya, tidak menutup kemungkinan suatu saat bahasa Indonesia akan menjadi bahasa Internasional.

Sekian informasi yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita tentang bahasa Indonesia.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama